THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Rabu, 03 Maret 2010

Tips untuk foto potret dengan flash

yang paling gue sebel yaitu ruangan gelap, udah gelap, backlitnya kuat banget seperti contoh dibawah ini.
Kalau langsung foto dengan metering normal (evaluative metering), langsung mukanya item. Tapi kalau pake spot metering (ke wajah) background bakal overblown, putih semua.
Maka dari itu penggunaan flash menjadi wajib.
Solusi pertama kalo pake compact, terpaksa flash buka langsung hajar direct flash ke muka dia. Tapi ini solusi kurang bagus karena hasilnya bakal ga natural dan bayangannya akan kasar.
Cara kedua yaitu mengunakan external flash trus di arah ke langit2 untuk di bounce balik ke penceramah, ini cara yang lebih baik.
Cara ketiga yaitu mengunakan flash bracket, external flash, arahkan flash agak kesamping, sehingga menimbulkan efek studio.
Lalu bisa juga mengunakan sedikit reflector diatas flash, seperti index card, flip it atau yg lainnya untuk mengirim sedikit cahaya ke depan untuk mengurangi bayangan.
Contoh foto dibawah belum ideal, karena cahaya flash dan background tidak sama color balancenya (istilahnya di kamera White balance atau WB).
Idealnya, flash gue di kasi gel orange/tungsten lalu WB diset ke tungsten (gambar bola lampu) udah itu baru tembak. Sayang gue belum bikin gel filternya.

Semoga membantu. Kalau ada yg kurang jelas atau ada yg punya ide lebih bagus silahkan.

0 komentar: